Blog

Home   /   Berita   /   HARDIKNAS 2020 “Belajar dari COVID-19”

HARDIKNAS 2020 “Belajar dari COVID-19”

Share

Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei diambil dari tanggal lahir sosok yang dianggap berjasa dalam bidang pendidikan di Tanah Air, yaitu Ki Hadjar Dewantara. Hari Pendidikan Nasional diperingati untuk mengenang dan menghormati jasa Ki Hadjar Dewantara. Pria kelahiran Pakualaman, Yogyakarta, 2 Mei 1889, ini dikenal sebagai pencetus Taman Siswa yang merupakan Lembaga Pendidikan Formal pertama untuk masyarakat pribumi.

Sosok beliau juga mengungkapkan jargon terkenal dan menjadi pijakan seorang pendidik dalam memberikan pendidikan kepada peserta didiknya : Ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani.

Pada tahun 2020 ini Hardiknas diperingati ditengah situasi dan kondisi yang memperihatinkan yaitu Pandemi Covid-19, dimana situasi ini mengharuskan semua orang tetap tinggal di rumahnya masing-masing tetapi pengajaran harus tetap terlaksana secara online, ini merupakan suatu hal yang baru bagi guru sehingga keberhasilanya memerlukan peran aktif dari orang tua siswa untuk tetap mengawasi anak-anak mereka secara langsung dirumah sehingga pembelajaran dan pengajaran dari guru tetap terlaksana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *