Blog

Home   /   Berita   /   MAN 1 Darussalam Ciamis Menggandeng LC UIN SGD Bandung Sukses Melaksanakan Pelatihan TOAFL

MAN 1 Darussalam Ciamis Menggandeng LC UIN SGD Bandung Sukses Melaksanakan Pelatihan TOAFL

Share

(Rabu, 25 Mei 2022) MAN 1 Darussalam Ciamis kembali mengadakan Kursus persiapan TOAFL yang diselenggarakan atas terjalinya MoU dan Kerjasama antara MAN 1 Darussalam Ciamis dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung melalui Pusat Bahasa UIN Bandung (LC UIN Bandung) untuk membantu peserta didik dalam persiapan menghadapi ujian TOAFL (Test of Arabic for language), MoU ini sudah terjalin sejak tahun 2021 dan tahun ini adalah tahun ke 2.

Program ini diikuti oleh mayoritas peserta didik Program Keagamaan yaitu MANPK dan Peminatan Keagamaan sekitar 58 peserta didik yang terdiri dari 42 peserta didik MANPK dan 16 Peminatan Keagamaan.

TOAFL merupakan ujian berbasis komputer yang digunakan untuk menguji kemahiran berbahasa Arab bagi non-native speaker dalam konteks akademik. Terdapat tiga kemahiran yang diuji pada tes ini, diantaranya:

  • Mafhum Istima’: Bagian ini mengukur kemampuan peserta dalam memahami percakapan bahasa Arab dalam konteks akademik, seperti diskusi dan pertemuan kelas.
  • Qawa’id: Bagian ini mengukur kemampuan peserta dalam memahami struktur kalimat dan penggunaan qawa’id yang tepat.
  • Maharatul Qira’at: Bagian ini mengukur kemampuan peserta dalam membaca dan memahami teks akademik dalam bahasa Arab.

Kegiatan ini sejalan dengan Visi MAN 1 Darussalam Ciamis “Menjadikan Madrasah yang unggul dalam kepemimpinan dan pengajaran berbasis pesantren serta berwawasan global”. hal tersebut menjadi bagian dari proses dalam menyiapkan lulus MAN PK Darussalam Ciamis dalam menguasai 2 bahasa asing yaitu Bahasa Inggris dan Arab dalam persiapan mereka melanjutkan ke jenjang berikutnya baik itu di luar negeri ataupun dalam negeri.

Bapak Aji Abdul Aziz, S.Pd. M.Pd (sekretaris Program MANPK) menjelaskan “Di program keagamaan terdapat program tutorial TOAFL Preparation untuk meningkatkan kemampuan bahasa Arab dan persiapan untuk mengahadapi TOAFL, agar para peserta didik siap ketika nanti masuk ke perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri. Penguasaan bahasa asing ini merupakan salah satu pilar dari tiga pilar peserta didik MAN program keagamaan, yaitu Tahfidz Alquran, penguasaan Kitab kuning dan penguasaan bahasa Asing”.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 hari yaitu hari Selasa dan Rabu, 24 – 25 Mei 2022, hari pertama (Rabu, 24 Mei 2022) persiapan, pelatihan serta tips and trik sukses ujian Toafl dan hari Kedua (Kamis, 25 Mei 2022) pelaksanaan Ujian Toafl Berbasis Komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *