Blog

Home   /   Berita   /   Siswa MAN 1 Darussalam Ciamis Mengikuti Program Pertukaran Pelajar ke Jepang (JENESYS) 2019

Siswa MAN 1 Darussalam Ciamis Mengikuti Program Pertukaran Pelajar ke Jepang (JENESYS) 2019

Share

Program  JENESYS (Jaringan Pertukaran pelajar dan pemuda Jepang-Asia Timur) adalah proyek yang diajukan oleh pemerintah Jepang dari sudut pandang memberikan landasan yang kuat untuk solidaritas yang kuat di Asia melalui pertukaran pemuda berskala besar yang berlangsung sembilan hari di Jepang, 13-21 September 2019.

JENESYS (Japan East Asia Network of Exchange for Student and Youth) adalah program tahunan yang dilaksanakan oleh pemerintah Jepang. Program ini diikuti 165 delegasi dari 10 negara ASEAN –Indonesia, Singapura,  Malaysia, Brunei darussalam,  Thailand,  Filipina,  Myanmar, Laos,  Kamboja,  Vietnam–  dan Timor Leste. Tiap negara terdiri 15 orang.

Program JENESYS  ini berisi pertukaran budaya antar negara Jepang dengan sepuluh negara ASEAN dan Timor Leste, serta pelatihan olah raga Rugby (khusus JENESYS 2019). Hal itu bertepatan dengan adanya Rugby World Cup 2019 yang ke-9 di Jepang dan untuk pertama kalinya diselenggarakan di Asia.

Program ini bertujuan untuk memberi landasan kuat bagi terciptanya hubungan kerjasama yang erat di antara para remaja. Mereka adalah generasi penerus yang akan berperan penting di negara-negara Asia Timur di masa mendatang.

Sebelum keberangkatan ke Jepang seluruh peserta asal Indonesia mengikuti program pembekalan (Pre Departure Training) yang dilaksanakan pada tanggal 11-12 September 2019 di hotel Ambhara, Jakarta Selatan. Lima belas delegasi tersebut terdiri dari dua supervisor, Muhammad Syauqi Putra dan Angel  Indriani Manuain, seorang pelatih Rugby, Fikri Muhammad Al-Azhar dan dan 12 peserta dari kalangan pelajar.

Mereka adalah: Lyfia Eka Pratiwi (SMAKN Purwokerto), Esra Antonio Manalu (SMAN 100 Jakarta),  Nadia CempakaTuzzahra (SMAN Depok), Jeremia Togu Pandiangan (SMA Paskalis 3), Dinnisa Haura Zhafira Hidayat (MA Pembangunan UIN Jakarta), Maula Azharil Adzkia (MAN 1 Ciamis), Berlian Zahra Arwaa (SMAN 2 Tangerang), Muhammad Furqon (SMK BIna Karya Mandiri), Nadirra Auliyya Putri (SMKN 45 Jakarta), Muhamnad Robith Nashrullah (MAN 3 Jombang), Talitha Elvina Kalonica (SMAN 32 Jakarta), dan Achmad Shidqi Najiyulloh Imam (MA Unggulan Singa Putih).

Program JENESYS ini berlangsung di dua tempat: Shizouka prefektur dan Tokyo. Materi program terdiri dari Pelatihan Rugby, interaksi dengan murid SMA dan Mahasiswa dari Universitas Shizouka melalui olahraga Rugby, pertukaran budaya Jepang (Taiko Drum,Legenda Hagoromo, perkuliahan oleh kantor pemerintah daerah, perkuliahan tentang hubungan antara Jepang dan Asean oleh Kemenlu Jepang, kunjungan ke Mountain Fuji Eco Park, kunjungan ke gedung bersejarah, kuil Mishima, workshop mengenai Action plan di tanah air, dan terakhir menonton pembukaan Rugby World Cup 2019.

Dengan program ini, peserta diharapkan mampu mengambil manfaat dan menyebarluaskan daya tarik Jepang di negara mereka masing-masing.  Baik budaya Jepang, karakteristik, masyarakat Jepang dan tata  kramanya, dan teknogi canggih.

 

Maula Azharil Adzkia (Kelas XI MAN PK Darussalam Ciamis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *