Published On: 29/06/2024By Categories: Berita, Berita UtamaViews: 87

MAN 1 Darussalam Ciamis (Humas) – Alhamdulilah kabar yang sangat menggembirakan bagi seluruh keluarga besar Darussalam Ciamis, prestasi membanggakan telah diukur oleh 2 peserta didik kami dari Program Keagamaan yang saat ini telah menjadi alumni yaitu Ananda Fathi Yakan Farras Muhammad dan Ananda Nazla Kayla Harahap berhasil lulus beasiswa kuliah di Maroko.

Mengenyam bangku kuliah di luar negeri tentunya menjadi sebuah kebanggan, namun tidak semua bisa mewujudkanya karena beberapa kendala banyak diantaranya berkas yang banyak, bahasa asing, biaya dan tentunya proses seleksi yang cukup ketat dan sulit harus bersaing dengan ribuan pelajar lain dari seluruh dunia.

Keberhasilan ini diumumkan melalui surat pengumuman Nomor : B-246/DJ.I/PP.04/06/2024 dari Kementerian Agama Republik Indonesia pada tanggal 3 Juni 2024, yang menginformasikan hasil seleksi akhir penerimaan beasiswa Maroko melalui Kementerian Agama Republik Indonesia.

Salah satunya yaitu Ananda Najla Kayla saat diwawancarai Rabu, 5 Juni 2024 cerita bagaimana perasaan dan perjuanganya bisa sampai akhirnya bisa lulus beasiswa Maroko, “perasaan yang campur aduk harapan dan cita cita yang alhamdulilah bisa terwujud tapi tentunya bersyukur atas apa yang telah Alloh Takdirkan saat ini” tutur Najla.

“Proses seleksi yang memang sangat sulit dan tentu harus bersaingan dari berbagai pelajar dari berbagai sekolah di Indonesia yang tentunya tak kalah hebat, Pendaftaran dimulai sejak Mei 2024 dimulai dari persiapan berkas yang memang sangat sulit, verivikasi kelengkapan berkas ujian CBT dan wawancara juga” lanjutnya.

“Menunggu hasil akhir seleksi yang tentunya sangat menegangkan karena cita-cita saya sendiri sangat sekali ingin mengenyam bangku kuliah di Timur Tengah baik itu di Al Azhar-Mesir atau di Maroko tentunya berharap dengan mendapat beasiswa, ketika awal seleksi kalau tidak salah kurang lebih ada 700 peserta yang juga daftar” lanjutnyaa.

Majla juga memberikan motivasi kepada adik tingkatnya supaya memiliki mimpi dan yakin akan mimpi itu “Semangat buat adik-adik kelas dan teman-teman semua, pokoknya jangan menyerah saat menghadapi kegagalan, kita harus yakin dengan mimpi kita, tentu butuh peersiapan dan pengorbanan sehingga rasa cape sudah tidak diingat ketika kita sudah sampai pada cita-cita kita, poin pentingnya jangan malu dan jangan takut dengan yang namanya kegagalan karena justru kegagalan itu yang akan membuat kita menjadi tumbuh lebih kuat, tetap semangat terus berikhtiar dan tawakal, because we’re nothing without alloh” Pungkas Najla.

Kepala MAN 1 Darussalam Ciamis Idan Nurdiana, S.Pd, M.Pd menyampaikan rasa syukur dan ucapan selamat serta apresiasi yang tinggi pada Firila. “Alhamdulillah, Ananda Firila diterima di 2 perguruan tinggi luar negeri. Semoga langkah awal ini akan bermanfaat dan membawa keberkahan untuk semuanya,” harapnya.

“Terima kasih pada seluruh dewan guru, orang tua dan semua pihak yang telah memberikan dukungan kepada Ananda Firila, semoga prestasi membanggakan ini memberikan kepercayaan bagi masyarakat untuk melanjutkan jenjang pendidikan menengahnya di MAN 1 Darussalam Ciamis” pungkasnya.

 

Narasumber : Najla Kayla Harahap

Editor/Kontributor : Andri Wicahyono

About the Author: Andri Wicahyono