Published On: 07/09/2023By Categories: Berita, Berita UtamaViews: 191

MAN 1 Darussalam Ciamis (Humas). Kompetensi Sains Madrasah (KSM) Terintegrasi merupakan salah satu event bergengsi tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat KSKK Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia akhirnya memasuki babak ahir.

KSM dilaksanakan dalam 4 tahap, dimulai dari KSM tingkat satuan pendidikan yang bertujuan untuk mencari wakil dari sekolah masing-masing, kemudian KSM Tingkat Kabupaten/Kota, KSM Tingkat Provinsi hingga terbaik dari setiap mata pelajaran di tiap provinsi akan bersaing di KSM tingkat Nasional yang dilaksanakan di Kendari, 3-7 September 2023.

Rifki yang sebelumnya menjadi juara 1 Mapel Ekonomi tingkat Provinsi Jawa Barat menjadi satu satunya wakil Madrasah Aliyah Negeri yang ikut dari Provinsi Jawa Barat dari mepel Ekonomi Terintegrasi dan berhasil meraih medali perak.

Siswa yang hobi membaca ini ketika diwawancarai mengaku bersyukur dan semapat tegang sebelum KSM dimulai “Alhamdulilah ini sungguh luar biasa, saya senang bisa masuk nominasi juara meski target utamanya adalah Medali Emas, saya merasa tegang sebelum kegiatan berlangsung tetapi selalu ada pembimbing yang terus memberikan motivasi” tuturnya.

“keberhasilan meraih medali perak ditingkat Nasional tentu tidak akan terjadi dengan sendirinya tetapi berkat dorongan dan support dari semuanya, termasuk guru-guru hebat semua di MAN 1 Darussalam Ciamis ini dan juga kepada pembimbing saya yaitu Ibu Chusna dan Pa Riki” pungkasnya.

Ibu Chusna yang ikut membimbing dan mendampingi Rifki pada kegiatan KSM Nasional di Kendari mengaku sangat bangga dengan anak didiknya “syukur alhamdulilah Rifki bisa lolos ke tingkat nasional, tentu ini adalah pencapaian luar biasa terutama anak ini sangat berbakat dan nurut ketika proses bimbingan berlangsung, sehingga memudahkan kami untuk mengarahkannya” tuturnya.

“Rikfi ini selain memiliki potensi juga penurut dan luar biasa rajin belajarnya, dia selalu siap melaksanakan bimbingan dan mengikuti dengan baik apa yang telah diajarkan sehingga saya peribadi sangat optimis Rifki bisa juga meraih juara ditingkat Nasional” pungkas Bu Chusna.

Selanjutnya Kepala Madrasah Bapak Idan Nurdiana, S.Pd., M.Pd. yang ikut mendampingi Rifki di Kendari mengaku sangat bersyukur dan bangga prestasi yang telah diraih oleh anak didiknya itu “saya ingin mengucapkan selamat kepada Ananda Rifki atas diraihnya medali perak maple Ekonomi KSM Nasional dan mengharumkan nama lemabaga kami” imbuhnya.

“Saya secara pribadi tidak membebani Rifki untuk meraih medali emas, tetapi persaingan yang sangat ketat dan yang lain juga merupakan perwakilan terbaik dari provinsinya masing-masing sehingga mendapat medali perak pun tentu adalah hasil yang sangat membanggakan”

Pak Idan juga berharap dari MAN 1 Darussalam Ciamis terus melahirkan bibit unggul dan calon juara baru untuk kegiatan KSM termasuk even lain seperti MYRES dan lainya, tidak lupa Pa Idan juga berharap dari MAN 1 Darussalam Ciamis akan terus mencul potensi-potensi yang unggul dalam bidang KSM tahun selanjutnya.

About the Author: Andri Wicahyono