Published On: 12/11/2023By Categories: Berita, Berita UtamaViews: 222

MAN 1 Darussalam Ciamis (Humas). Kereen.! Salah satu peserta didik MAN 1 Darussalam Ciamis yaitu Ananda Dewi Sri Utami kelas XI IPS 2 berhasil lolos menjadi salah satu pembicara dalam kegiatan Mini Japanese Speakers’ Forum 2023 Tentang Mitigasi Bencana di Hotel Savoy Homann Bandung Jl. Asia Afrika No.112 Kb.Pisang Kec.Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40112 Indonesia pada 10-12 November 2023.

Japanese Speakers’ Forum atau yang biasa disebut “JS Forum” adalah sebuah wadah untuk Mengasah keterampilan berbahasa Jepang dan Keterampilan abad 21 khususnya 4C (Collaboration, communication, Critical Thinking, Creativity) sebagai model pembelajaran kurikulum merdeka, yang diselenggarakan oleh The Japan Foundation, Jakarta bekerja sama dengan Kamenori Foundation.

Ibu Widya Arthawati, M.Pd (Ketua Tim Kurikulum dan Kesiswaan Bidang Penmad Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat

 

Peserta didik yang hobi nonton Film Naruto ini Saat diwawancarai 12 November 2023 menceritakan pengalamanya dimulai dari tahap seleksi dan pelaksanaan kegiatan “Alhamdulilah pengalaman yang sangat berkesan dan luar biasa, sejak beberapa tahun saya memang telah menunggu even ini hadir di Jawa Barat” tutur Dewi

“dan alhamdulilah tahun ini diselenggarakan juga di untuk wilayah Provinsi Jawa Barat yang diikuti oleh seluruh sekola tingkat SLTA di Jawa Barat dengan beberapa tahap seleksi terbuka dimulai dari Registrasi Pendaftaran – Membuat Essai terkait Mitigasi Bencana, 80 peserta yang dinyatakan lolos tahap ini harus membuat kembali video berbahasa Jepang terkait hal yang dilakukan ketika terjadi bencana dan selanjutnya dinyatakan lulus tahap akhir jadi total pesertanya da 24 siswa dan hanya saya sendiri yang berasal dari Madrasah Aliyah” lanjutnya.

“Kegiatan disana sangat seru dan berkesan selain tempatnya yang bagus di Hotel bintang 4 juga, selama 2 kita full diskusi dan persentasi terkait mitigasi bencana dengan memakai bahasa Jepang, selain itu kita juga diharuskan membuat sebuah produk yang kreatif serbaguna dan simple dipakai saat terjadi bencana akam, pokoknya luar biasa bahasa Jepang semakin terasah dan menambah kosakata baru sehingga ini jadi motivasi untuk terus belajar lebih dalam bahsa Jepang” pungkas Dewi.

Kepala MAN 1 Darussalam Ciamis Bapak Idan Nurdiana, S.Pd., M.Pd mengaku bangga dan bersyukur dengan potensi peserta didiknya “bakat dan potensi Dewi ini memang bagus langka dan harus terus diasah dan di kembangkan, bahasa Jepang apalagi salah satu bahasa yang cukup sulit dipelajari apalagi Dewi belajar secara otodidak” tuturnya.

“Selamat dan Sukses untuk Ananda Dewi yang telah membuktikan diri menjadi salah satu pembicara dalam kegiatan Mini Japanese Speakers’ Forum 2023 dan mampu bersaing dengan peserta yang lain dari berbagai daerah dengan tahapan seleksi yang ketat, semoga terus berprestasi di event lainya serta memberikan motivasi kepada peserta didik lainya” pungkas Pa Idan.

About the Author: Andri Wicahyono