Published On: 10/05/2023By Categories: Berita, Berita UtamaViews: 96

MAN 1 Darussalam Ciamis (Humas). Lulus di Universitas Negeri favorite apalagi dengan jalur beasiswa tentu merupakan sebuah kebanggan yang sangat patut kita syukuri, hal ini yang kami rasakan ketika salah seorang peserta didik kami Humaira Latifah Faridah Syarif alumni MAN PK tahun 2023 setelah berhasil diterima di Universitas Islam Indonesa (UII) jalur Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB) Kategori Santri Tahun Akademik 2023/2024.

Dikutip dari laman https://pmb.uii.ac.id/psb/ bahwa Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB) adalah pola seleksi yang dilakukan melalui penilaian rekam jejak prestasi (nilai rapor dan prestasi penunjang). Nilai rapor yang digunakan adalah nilai rapor semester 1, 2, 3, 4, dan 5 pada mata pelajaran tertentu.

Pola seleksi PSB hanya dapat diikuti oleh peserta seleksi lulusan tahun 2022 (hanya bagi yang melakukan pengabdian di Pondok Pesantren) dan lulusan tahun 2023. Terdapat 5 jenis pola seleksi PSB, yaitu PSB Beasiswa Hafizah Hafiz, PSB Beasiswa Santri, PSB Beasiswa Duafa, PSB Beasiswa Atlet & Juara Seni, serta PSB Beasiswa KIP (Kartu Indonesia Pintar).

Kelulusam Humaira sebagai calon mahasiswa baru UII ini terdapat dalam Surat Keputusan Rektor UII Nomor: 1841/Rek/20/Admisi/V/2023 tanggal 8 Mei 2023.

Siswa yang akrab disapa Humaira mengaku sangat bangga dan bersyukur atas apa yang telah diraihnya, “Alhamdulilah saya sangat bersyukur dan bangga telah dinyatakan lulus di UII jalur PSB dan saya sangat berterimakasih kepada seluruh guru baik di pengajian atau pesantren, karena berkat jasa beliau semua saya bias seperti sekrang, tidak ada kata atau balasa jasa yang lebih pantas kecuali balsan pahal berlipat ganda dari Alloh SWT. Amiin” tegasnya.

Ia juga berpesan kepada adik kelasnya untuk percaya diri dan semangat jika ada kesempatan untuk mengikuti event atau kompetisi mewakili sekolah, karena itu adalah peluang emas dan modal kita kedepan untuk melanjutkan ke jenjang perkuliahan, lanjutnya.

Kepala MAN 1 Darussalam Ciamis Idan Nurdiana, S.Pd., M.Pd mengaku sangat bangga dan bersyukur atas pencapaian peserta didik tersebut dan berharap akan banyak peserta didik yang terjaring dan luus di Universitas negeri/swasta dari berbagai jalur apalagi mendapat beasiswa, tentunya akan lebih istimewa.

About the Author: Andri Wicahyono