Published On: 03/09/2023By Categories: Berita, Berita UtamaViews: 94

MAN 1 Darussalam Ciamis-Humas. Kebar gembira kembali menghampiri lembaga kami, 8 peserta didik MAN 1 Darussalam Ciamis telah resmi dikukuhkan sebagai Duta Hukum dan HAM Jawa Barat 2023 sekaligus rangkaian West Java Youth Innovation Summit di Sport Jabar Arcamanik Kota Bandung, yang dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Bapak Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil S.T., M.U.D. dan Ibu Dr. Hj. Atalia Praratya, S.IP., M.I.Kom.

Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM (FPSH HAM) Provinsi Jawa Barat telah melaksanakan seleksi dan penilaian terhadap para pelajar yang mendaftar sebagai calon Duta Hukum dan HAM, dimana tahapan pemilihan Duta Hukum HAM tingkat Provinsi Jawa Barat dimulai dari pendaftaran peserta, seleksi administratif, pengumuman hasil seleksi, kegiatan asesmen, dan kegiatan tes kepribadian.

Kegiatan pemilihan Duta Hukum HAM Jawa Barat Tahun 2023 diikuti oleh pelajar yang merupakan anggota Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM Jawa Barat Tahun 2022 dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat.

Cindi salah satu peserta didik kelas yang dikukuhkan mengatakan sangat berkesan mengikuti pengalaman seleksi Duta Hukum dan HAM “ saya mendapat pengalaman yang sangat berharga dan seleksi yang tidaklah mudah karena harus bersaing dengan ribuan orang dari beberapa sekolah se-Jawa Barat”, paparnya (Wawancara, 5 September 2023).

“Bangga sekali menjadi bagian dari pengukuhan Duta Hukum dan Ham berkumpul di Bandung dan menjadi bagian dari 1.360 peserta yang telah dikukuhkan, selanjutkan kami akan melaksanakan program kerja tindak lanjut dan melakukan sosialisasi terkait pentingnya kesadaran Hukum dan HAM”, pungkasnya.

8 orang peserta didik yang dikukuhkan tersebut adalah :

  1. Alya Angelina XII MIPA 5
  2. Chindi Rahmawati XII IPS 1
  3. M. Mufid Muafii XII MIPA 2
  4. Nazwa Syifa Faatin XII IPS 2
  5. Rizkikani Hakiki XII IPS 2
  6. Sultan Pamungkas XII IPS 1
  7. Teuku Farrel XII PK 1
  8. Yuni Wahyuni XII MBK

Acara ini dilakukan dengan tujuan untuk menggalakkan kesadaran hukum di kalangan pelajar, serta mengatasi permasalahan tindakan bullying dan perundungan di lingkungan sekolah.

Dalam acara pengukuhan, Gubernur Ridwan Kamil, yang akrab disapa Kang Emil, menyampaikan harapannya bahwa kehadiran Duta Hukum dan HAM dapat menjadi solusi efektif untuk mengatasi permasalahan bullying dan perundungan di kalangan pelajar.

Para duta ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih luas kepada rekan-rekan mereka mengenai hukum yang berlaku dan hak-hak asasi manusia.

Kepala Madrasah Bapak Idan Nurdiana, S.Pd., M.Pd menyampaikan rasa syukur dan bangga kepada 8 orang peserta didik tersebut “Selamat dan Sukses bagi peserta didik yang telah membuktikan diri menjadi yang terbaik dan mampu bersaing dengan ribuan peserta lain dari berbagai sekolah yang ada di Jawa Bara, dan alhamdulilah jumlahnya semakin bertambahsemoga prestasi ini terus dipertahankan dan memberikan motivasi kepada peserta didik lainya” pungkas Pa Idan.

About the Author: Andri Wicahyono