Published On: 27/05/2024By Categories: Berita, Berita UtamaViews: 46

MAN 1 Darusslaam Ciamis (Humas) Kementerian Agama (Kemenag) RI akan menggelar kegiatan pengukuran sejuta arah kiblat pada Senin 27 Mei 2024 mendatang guna memanfaatkan peristiwa rashdul kiblat. Peristiwa tersebut merupakan momentum matahari  melintas tepat di atas Ka’bah, sehingga bayang-bayang benda akan lurus menghadap ke arah kiblat.

Para Pendidik dan Peserta Didik MAN 1 Darussalam Ciamis ikut memeriahkan gerakan Hari Sejuta Kiblat, Senin (27/5/2024). Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya arah kiblat yang tepat dalam pelaksanaan ibadah salat bagi umat Islam. Hal ini berkaitan dengan fenomena yang disebut istiwa a’zam atau matahari tepat di atas Ka’bah.

Akibat fenomena ini, semua benda di permukaan Bumi yang mengalami siang hari akan mengarah ke Ka’bah. Di Arab Saudi terjadi pukul 12.18 waktu setempat dan di Tanah Laut khususnya Batu Ampar, momen ini berlangsung pada pukul 16.18 WIB.

Masing-masing satuan kerja, menyiapkan berbagai perangkat. Paling sederhana, dengan benda lurus, kemudian tepat pukul 16.18 WIB melihat arah bayangannya. Hari Sejuta Kiblat di MAN 1 Darussalam Ciamis dilakukan dihalaman Gedung Administrasi  dan mulai persiapan sejak jam 15.30.

Tentunya acara ini penuh edukasi dan pengalaman bagi para pendidik dan peserta didik serta mencerminkan semangat kebersamaan dan kepedulian terhadap pelaksanaan ibadah yang benar.

Kepala MAN 1 Darussalam Ciamis Idan Nurdiana, S.Pd., M.Pd menyampaikan apresiasinya terhadap partisipasi aktif dari seluruh warga madrasah. “Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk implementasi pendidikan karakter dan penguatan keimanan yang kami tanamkan kepada siswa. Kami berharap, melalui kegiatan seperti ini, para siswa dapat lebih memahami pentingnya arah kiblat dalam ibadah dan bagaimana cara menentukannya dengan benar,” tuturnya

About the Author: Andri Wicahyono