Published On: 02/05/2024By Categories: Berita, Berita UtamaViews: 88

MAN 1 Darussalam Ciamis (Humas) MAN 1 Darussalam Ciamis melaksanakan kegiatan Upacara dalam menyambut Hari Pendidikan Nasional yang dilaksanakan pada hari Kamis, 2 Mei 2024, dalam upacara tersebut yang bertindak sebagai pembina upacara adalah Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum yaitu Budi Rahman, S.Pd., M.Pd.

Pelaksanaan upacara Hardiknas ini diatur dalam pedoman yang telah diumumkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), upacara diselenggarakan secara luring pada lembaga masing-masing pada Kamis, 2 Mei 2024 dimulai pukul 07.00 waktu setempat.

Pada upacara Hardiknas tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya karena hanya dihadiri oleh peserta didik kelas XI dan sebagian kelas X, kebetulan kelas XII sudah melaksanakan Asesmen Madrasah dan saat ini berjuangan sebagai ikut SNBT, sedangkan kelas X mayoritas mengikuti kegiatan Kursus Bahasa Inggris dan Arab di Kampung Inggris Pare Kab.Kediri.

Pada tahun ini Hari Pendidikan Nasional engambil tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”, Hardiknas 2024 merupakan momen tahun kelima bagi Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim mengawal pendidikan di Indonesia

Bertindak sebagai pembina upacara Pa Budi Rahman menyampaikan sambutan Menteristek Nadiem Makarim”Lima tahun terakhir ini adalah waktu yang sangat mengesankan dalam perjalanan kami di Kemendikbudristek. Menjadi pemimpin dari gerakan Merdeka Belajar semakin menyadarkan kami tentang tantangan dan kesempatan yang kita miliki untuk memajukan pendidikan Indonesia,” tutur Nadiem.

“Ombak kencang dan karang tinggi sudah kita lewati bersama. Kini, kita sudah mulai merasakan perubahan terjadi di sekitar kita, digerakkan bersama-sama dengan langkah yang serempak dan serentak. Wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang kita bangun bersama dengan gerakan Merdeka Belajar” lanjutnya.

“Kita sudah mendengar lagi anak-anak Indonesia berani bermimpi karena mereka merasa merdeka saat belajar di kelas. Kita sudah melihat lagi guru-guru yang berani mencoba hal-hal baru karena mereka mendapatkan kepercayaan untuk mengenal dan menilai murid-muridnya” Itulah cuplikan sambuatn Menteri yang dibacakan oleh pemimpin upacara.

Selain itu ikut menambahkan juga dalam sambutanya Pa Budi menekankan makna dari Merdeka Belajar tu sendiri “Merdeka belajar, memiliki motivasi belajar yg kuat dari diri sendiri, bebas dari ketergantungan kpd orang lain, sehingga inisiatif, kreativitas, kemandirian dan produktivitas belajar yg tinggi” ucapnya.

“Tidak boleh ada lagi karena tidak guru jadi tidak belajar, waktu luang tidak dipakai belajar apalagi saat ini fasilitas belajar baik itu internet, media sosial dan buku sudah sangat banyak dan mudah untuk kita dapatkan, amak dari itu kita kita harus memiliki komitmen untuk belajar secara mandiri” pungkas Pa Budi.

 

 

About the Author: Andri Wicahyono