Published On: 09/11/2023By Categories: Berita, Berita UtamaViews: 120

MAN 1 Darussalam Ciamis-(Humas) Seluruh Peserta Didik kelas XII MAN 1 Darussalam Ciamis mengikuti kegiatan Asesmen Bakat dan Minat yang di selenggarakan oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) Kemdikbudristek selama 3 hari pada tanggal 7 – 9 November 2023.

Asesmen Bakat Minat (ABM) sendiri merupakan tes yang mengukur potensi seseorang yang dirancang untuk memprediksi kemampuan peserta didik pada bakat di bidang-bidang khusus dan minat berdasarkan ketertarikannya pada suatu jenis kegiatan tertentu. Hasil ABM diharapkan dapat memberikan gambaran kepada peserta didik pada bidang keahlian yang tepat sehingga menimbulkan motivasi dan kenyamanan dalam proses pembelajaran. Aspek yang diukur dalam Tes Bakat terdiri atas kemampuan verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanik, klerikal, dan penggunaan bahasa serta dilengkapi dengan Tes Minat.

ABM diharapkan akan memberikan informasi ke satuan pendidikan mengenai potensi peserta didik pada bidang-bidang khusus berdasarkan aspek yang diukur dan kesesuaian dengan minatnya. ABM juga bermanfaat untuk memprediksi kemampuan peserta didik jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi dalam hal ini peserta yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi.

Pelaksanaan AB dilakukan hanya oleh kelas XII saja melalui sistem tes berbasis komputer (Computerized Based Test – CBT) secara daring (full online). Layanan ini tidak bersifat wajib, satuan pendidikan yang memiliki infrastruktur memadai dapat mengikuti layanan ini.

Fadhlan yang merupakan salah satu peserta XII mengatakan bahwa ABM ini sangat memberikan pengalaman baginya “Alhamdulilah tes ABM ini menurut saya pribadi sangat bermanfaat dan membantu kami untuk menentukan pilihan jurusan perkuliahan, sehingga insya alloh mudah-mudahan tidak salah pilih jurusan” tuturnya

Pa Budi Rahman selaku Wakamad Kurikulum mengatakan pentingnya mengikuti kegiatahn ABM ini bagi peserta didik kelas XII “Tes ABM ini sangat penting diikuti oleh seluruh peserta didik kelas XII dan di MAN 1 Darussalam Ciamis sendiri diwajibkan, tes ini dirancang untuk memprediksi keberhasilan peserta didik pada jurusan yang dikehendaki. Akurasi prediksi keberhasilan peserta didik pada jenjang/kelas yang lebih tinggi dapat terlihat berdasarkan hasil tes” pungkasnya.

About the Author: Andri Wicahyono