Published On: 12/02/2024By Categories: Berita, Berita UtamaViews: 120

MAN 1 Darussalam Ciamis (Humas). Ciamis, 12 Februari 2024 MAN 1 Darussalam Ciamis bersama  Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag) Wilayah Jawa Barat melaksanakan Sosialisasi Seleksi Nasional Peserta Dididk Baru (SNPDB) MAN PK Tahun 2024 yang bertempat di Gedung Ibnu Hayyan/Pusat Pembelajaran Terpadu MAN 1 Darussalam.

MAN PK merupakan salah satu dari program unggulan madrasah tingkat Nasional yang terdiri dari MAN IC, MAN PK dan MAK hal ini menjadi peluang bagi calon peserta didik baru dari MTs sederajat untuk dapat sekolah di program unggulan tersebut yang pada tahun ini menjadi 11 di Indonesia.

MAN 1 Darussalam Ciamis yang merupakan salah satu dari 11 madrasah yang menyelenggarakan program MAN PK dan mewakili wilayah provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta dan Provinsi Banten merupakan salah satu madrasah unggulan yang ada di Jawa Barat sehingga hal tersebut menjadi topik utama dalam sosialisasi karena melihat masih minimnya jumlah pendaftar ke MAN PK Darussalam Ciamis sehingga kalah jauh dari MAN PK yang ada di Provinsi lain.

Untuk memaksimalkan penyebaran informasi terkait SNPDB MAN PK, MAN 1 Darussalam Ciamis bersama Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Jawa Barat merasa sangat perlu melakukan sosialisasi secara langsung kepada MTs Negeri yang berada diwilayah Kanwil Jabar dalam hal ini bisa diwakilkan oleh Waka Kesiswaan atau Guru BK dari sekolah tersebut.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Jabar H. Asep Lukman Hakim, S.Ag., M.Si, Kepala Kemenag Kab.Ciamis Drs. H. Usep Saepudin Muhtar, M.Si, Kasi Penmad Kemenag Kab.Ciamis H. Jajang Jamaludin, S.Pd. M.M, serta Bapak Pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Ciamis yaitu KH. Dr. Fadlil Yani Ainusyamsi, MBA.M.Ag.

Pimpinan pondok pesantren (Ponpes) Darussalam Ciamis KH. DR. Fadlil Yani Ainusyamsi, MBA.,M.Ag dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya atas kehadiran para tamu undangan dan peserta pada Momentum sosialisasi SNPDB MAN PK Darussalam Ciamis, lebih lanjutnya beliau juga menyampaikan sejarah mengenai lahirnya MAN PK Darussalam Ciamis yang telah melahirkan alumni hebat diberbagai daerah bahkan dari MAN PK Darussalam Ciamis sendiri telah melahirkan 13 Profesor/Guru Besar belum MAPK didaerah lain, tuturnya.

Teknis dan alur pendaftaran SNPDB MAN PK dijelaskan secara detail langsung oleh Kabid Penmad Kanwil Kemenag Jabar, beliau mengingatkan kembali bahwa warga Jawa Barat harus bangga memiliki madrasah unggulan serta pentingnya dukungan dari semuanya untuk kesuksesan SNPDB 2024 ini dengan harapan mendapat pendaftar yang banyak dan tentunya berkualitas, disamping itu beliau juga menyayangkan masih banyaknya sekolah MTs Negeri yang tidak hadir dalam kegiatan tersebut padahal itu juga undangan dari kepala Kanwil Kemenag Jabar.

“Dukungan itu harus secara nyata dan kegiatan sosialisasi ini harus berdampak kepada jumlah pendaftar ke MAN PK Darussalam Ciamis, pokoknya kami menghikmbau mengajak kepada semua kepala untuk mendaftarkan minimal 5 peserta terbaiknya dari tiap sekolah didaftarkan ke MAN PK Darussalam Ciamis” tegasnya. Beliau juga mengaskan bahwa ini adalah kesempatan emas apalagi sudah 3 tahun madrasah unggulan ini diberikan program beasiswa bagi peserta didik yang lolos seleksi.

“Saya akan terus mengecek setiap sekolah MTs Negeri di Jawa Barat mana saja sekolah yang sudah mendaftarkan dan mana yang belum, apalagi tahun depan ada MAN Unggulan lain di Jawa Barat yaitu MAN IC” Pungkasnya.

Ada sekitar dua minggu lagi pendaftaran SNPDB MAN PK dibuka, dalam hal ini ada 3 jalur pendaftaran yang bisa diambil :

  1. Jalur Prestasi 08 Januari – 17 Februari 2024
  2. Jalur Tes 08 Januari – 17 Februari 2024

dan untuk juknis serta pendaftarnya bisa diakses melalui laman : https://snpdb-madrasah.kemenag.go.id/

About the Author: Andri Wicahyono