Published On: 06/03/2019By Categories: Berita, Berita Utama, ISC, SiswaViews: 145

Ahad, 3 Maret 2019 Madrasah Aliyah Negeri 1 Ciamis telah melaksanakan kegiatan Penerimaan Santri Baru yang diikuti oleh kurang lebih 200 calon santri berbagai daerah yang mendaftarkan diri untuk berkontribusi dalam Penerimaan Santri Baru ini.

 

Para calon santri berasal dari berbagai macam daerah, seperti Bandung, Ciamis, Sukabumi, Tasikmalaya, Jakarta bahkan ada juga calon santri yang berasal dari luar Pulau Jawa. Dalam Penerimaan Santri Baru ini, hanya dikhususkan bagi santri yang ingin masuk ke Program ISC (Intensive Science Class) dan Program Minat Bakat. Kegiatan dimulai pukul 07.00 WIB, yang mana kegiatan tersebut diawali dengan pengarahan dari Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam Ciamis yang sekaligus menjabat sebagai Pengasuh Ponpes Darussalam Ciamis yakni Bapak K.H. Dr. Fadlil Yani Ainusyamsi, MBA., M.Ag. dan dilanjutkan dengan pengarahan oleh Bapak H. Wahidin R, S.Ag., M.Pd.I. di gedung Nadwatul Ummah yang berletak di Kampus 1 Pesantren Darussalam.


Dalam kegiatan ini, diadakan 2 jenis tes untuk seluruh calon santri. Yakni, TPA  dan tes lisan/wawancara (TBA, Psikologi, B.inggris dan Praktik Ibadah. Selain itu, ada juga tes melalui jalur prestasi, yang mana calon santri yang mengikuti jalur ini tidak perlu lagi mengikuti tes tertulis. Namun calon santri yang mengikuti jalur prestasi memiliki ketentuan dan syarat yang telah ditetapkan, serta calon santri sudah dinyatakan dapat mengikuti tes dari jalur prestasi.
Tes tertulis yang diadakan pukul 08.00 WIB, bertempat di Madrasah Aliyah Negeri 1 Ciamis. Kurang lebih 8 kelas yang terpakai dalam tes tertulis ini dengan waktu mengerjakan soal sekitar 90 menit dan dengan jumlah soal kurang lebih 100 soal.

Dari mayoritas calon santri yang masuk ke Madrasah Aliyah Negeri 1 Ciamis ini ialah keinginan dari diri mereka sendiri dan ingin mondok di pesantren, karena mereka sangat tertarik dengan segala hal yang mereka lihat di medsos (media sosial) mengenai Madrasah Aliyah Negeri 1 Ciamis dan juga mereka banyak termotivasi oleh para alumni yang sukses setelah keluar dari MAN 1 Ciamis. Ada juga sebagian dari mereka yang berkeinginan bahwa MAN 1 Ciamis merupakan satu-satunya wadah agar mereka bisa menjadi seorang pemimpin yang unggul dan seorang santri yang berakhlak mulia, yang senantiasa dapat menyetarakan antara dunia dan akhirat
Seluruh calon santri telah selesai melaksanakan kedua tes tersebut sekitar pukul 15.00 WIB. Namun sebagian dari mereka ada juga yang telah menyelesaikan kedua tes tersebut sebelum pukul 15.00 WIB. Adapun bagi calon santri yang ingin mendaftarkan diri di Program ISC (Intensive Science Class) ataupun Program Minat Bakat saat ini masih bisa mendaftarkan diri, karena MAN 1 Ciamis akan mengadakan testing gelombang 2.

About the Author: Andri Wicahyono